Ponsel adalah kebutuhan primer bagi orang sekarang. Tua, muda dan anak-anakpun mempunyai ponsel. Usahawan, wartawan, karyawan sampai loper Koranpun juga mempunya ponsel. Semua kalangan masyarakat mempunyai ponsel. Banyak tua-muda, kaya-miskin, cantik-jelek senyum-senyum sendiri, tawa-tawa sediri, dan bahkan jingkrak-jingkrak sendiri. Banyak kita jumpai hal semacam itu dimana saja; di jalanan, sekolahan, dan bahkan perkantoran. Semuanya ketawa-ketawa sendiri. Mereka tidak sadar dengan adanya bahaya yang mengancam dibalik penggunaan ponsel yakni tumor.

Dr. Siegal Sadetzki, seorang epidemoligis dan dosen di universitas Tel Aviv melakukan penelitian yang membuktikan bahwa pengguna ponsel sangat berpotensi mengidap resiko tumor kelenjar ludah yang lunak hingga berbahaya. Beliau mengatakan bahwa Para pengguna ponsel yang lebih sering bercakap-cakap dengan meletakkan telepon genggam di samping kepala memiliki 50 persen kemungkinan terkena tumor kelenjar air liur. Bahkan semakin sering mereka menggunakannya maka kemungkinan untuk tumor tersebut meningkat menjadi tumor ganas mampu mencapai persentase hingga 50 persen.

Sekarang, apa yang ingin kita lakukan dengan ponsel kita. Apa pilihan kita? Kita hidup di jaman serba modern dan praktis. Semuanya ada sisi baik dan negatifnya. Sekarang semuanya kembali kepada diri kita masing-masing. Mau dibawa kemana kita? Kita tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi namun kita bisa menyikapinya dengan bijak yakni dengan menggunakannya seperlunya saja sehingga hal ini tidak akan berdampak buruk Bagi kita semua.

By: Arif