Supaya aplikasi/program dan data kita aman dari virus, kita rubah attributenya menjadi read only. Dengan mengubah attributenya menjadi read only, maka virus tidak bisa masuk ke dalam applikasi atau data dan merubahnya. Ketika applikasi dan data attributenya adalah read only maka applikasi dan data itu hanya bisa dibaca; tidak bisa ditambahi. Jadi virus hanya bisa membaca dan tidak bisa merusak.

Applikasi dan data eror atau rusak itu disebabkan virus masuk ke applikasi dan data tersebut dan mengacak-acak isi di dalamnya. Mereka tidak hanya mengacak-acak tetapi juga menambahi isinya. Secara otomatis, isinya menjadi tidak karuan dan berantakan. Hal ini yang membuat applikasi dan data tidak bisa bekerja denagn semestinya.

Cara mengubah attribute applikasi adalah kita ketik *.exe pada search. Nanti pada hasil search akan muncul banyak applikasi yang huruf-huruf belakangnya .exe itulah bagian penting suatu applikasi yang harus kita lindungi dan rubah attributenya menjadi read only. Tekan tombol ctrl+A kemudian klik kanan, klik properties, centang read only, dan klik OK. Semua applikasi sudah terlindung. Sedangkan untuk perlindungan data, kita klik kanan pada data tersebut. Kemudian, klik properties, centang read only dan klik OK.

By: Arif