Salah satu keutamaan Deep Freeze adalah deep freeze akan membuat kondisi komputer kembali (baik data, program, system, dan sebagainya) seperti saat komputer dinyalakan ketika setelah merestart komputer atau menghidupkan komputer. Keutamaan itulah yang akan kita manfaatkan kali ini. Sebagus-bagusnya antivirus pasti akan kebobolan virus juga. Jadi ketika antivirus yang kita gunakan tidak mendetek sebuah virus bahkan sampai antivirus kita kualahan dan bahkan langsung mati dengan sendirinya, kita merestart komputer kita saja, nanti komputer kita akan kembali seperti saat dinyalakan. Tetapi konsekuensinya adalah semua data atau virus akan hilang kalau data atau virus ada setelah komputernya menyala.

Kadang kala kita lupa atau lalai kalau kita sudah menginstall deep freeze kemudian merestart komputer maka hal yang terjadi adalah kita pasti sudah bisa membayangkannya bukan, Untuk menghindari hal itu terjadi maka sebaiknya kita mematikan deep freeze jika tidak dibutuhkan. Kalau ia diperlukan maka kita nyalakan lagi. Misalnya ketika ada Flash Disk ditancapkan ke USB komputer maka kita sebaiknya menyalakan deep freeze. Jaga2 kalau ada virus di dalam Flash Disk tersebut yang tidak bisa ditangani oleh antivirus kita. Bahkan virus tersebut menyebar ke dalam komputer kita. Jika hal ini terjadi maka kita cabut Flash Disk tersebut dan merestart komputer. Kondisi komputer akan kembali seperti saat dinyalakan. Jadi virus-virus tersebut hilang secara otomatis.

Kita juga bisa mengatur partisi mana yang akan kita deepfreeze. Jadi kemungkinan kejadian yang saya jelaskan di atas bisa diminimalisir. Namun, secara otomatis penggunaannya juga mempunyai dampak yang berbeda kepada komputer kita.

Kita bisa hanya menginstall deepfreeze di C (letak penginstalan windows dan program-program yang lainnya). Atau juga kita bisa menginstall deepfreeze di C (letak penginstalan windows dan program-program yang lainnya) dan D (tempat penyimpanan data-data / softwares-sofwares). Jadi kita bisa menginstal deepfreeze pada semua partisi atau beberapa partisi pada computer kita. Namun deepfreeze hanya akan mengembalikan data/softwares/yang lainnya pada partisis yang dideepfreeze

Dalam penguunaan deepfreeze banyak pengguna tidak mengetahui bagaimana cara mematikan atau menyalakan deepfreeze yang sudah diinstal. Hal ini wajar karena caranya agak berbeda dengan program-program yang lainnya. Hal ini akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara mematikan deep freeze adalah sebagai berikut:

    1. Tekan Shift dan Double klik pada icon deep freeze di taskbar
    2. Klik Ok
    3. Klik Boot Control
    4. Pilih Boot thawed
    5. Klik Ok
    6. Kemudian restart komputer

Sedangkan cara menyalakan kembali deep freeze adalah sebagai berikut:

  1. Tekan Shift dan Double klik pada icon deep freeze di taskbar
  2. Klik Ok
  3. Klik Boot Control
  4. Pilih Boot Frozen
  5. Klik Ok
  6. Kemudian restart komputer

By: Arif